Penanganan Pertama Epilepsi


Epilepsi atau ayan ialah suatu situasi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai pencetus pada sebagian kecil kejadian ayan. Namun pada sebagian besar perkara yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Anak


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi saat dorongan listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga mengundang tindakan badan yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit epilepsi, namun belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dipercaya menderita epilepsi sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tahap kekritisan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menyebabkan tidak sadarkan diri.


Menurut data WHO, kurang lebih 50.000.000 orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan kejadian ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara epilepsi naik setidaknya 30 hingga 50 kejadian tiap 100ribu orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah perkara dapat naik hingga 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan data kejadian epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini bisa naik sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekitar 40-50 persen peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa pertama diidap seseorang di usia berapa saja, meski biasanya masalah ini terjadi sejak masih kecil. Bersumber pada penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Gejala Epilepsi Ringan

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer adalah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli menduga bahwa kondisi ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder merupakan jenis epilepsi yang pemicunya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini dapat mengakibatkan ayan sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Oleh sebab itu, awaslah dengan penyakit ayan ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Penanganan Pertama Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef