Apa Epilepsi


Epilepsi atau ayan merupakan sebuah masalah yang bisa memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai penyebab pada sebagian kecil kejadian epilepsi. tetapi pada sebagian besar perkara yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Apotik


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memakai impuls listrik. Pada perkara ayan, kejang terjadi waktu impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mengundang perilaku tubuh yang tidak terkendali.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit ayan, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai mengidap epilepsi sesudah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Tahap kekritisan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Menurut data WHO, setidaknya 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Angka pertambahan peristiwa epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan naik sekurangnya 30 sampai 50 peristiwa tiap 100 rb penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian dapat meningkat sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan keterangan perkara ayan paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini dapat naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat kurang lebih 40%-50% kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa awal dialami seseorang di umur kapan saja, meski biasanya keadaan ini terjadi semenjak masih kecil. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Cara Menyembuhkan Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Sebagian ahli menduga bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang penyebabnya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga bisa menyebabkan epilepsi sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Oleh karena itu, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Apabila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Apa Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef