Apakah Penyakit Epilepsi Menular


Epilepsi atau ayan adalah sebuah masalah yang bisa menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diduga sebagai penyebab pada sebagian kecil kejadian epilepsi. Namun di sebagian besar peristiwa yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada peristiwa ayan, kejang terjadi ketika dorongan listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga menimbulkan tindakan fisik yang tidak terkendali.


Kejang memang menjadi gejala utama penyakit ayan, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang dicurigai menderita ayan setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Taraf kegawatan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Menurut informasi WHO, kurang lebih lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan perkara ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, peristiwa ayan meningkat sekitar 30 hingga 50 perkara tiap 100ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kejadian bisa meningkat sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan informasi peristiwa ayan paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini bisa meningkat sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada setidaknya 40% sampai 50% perkara epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat mulai dialami seseorang di umur kapan saja, meski umumnya keadaan ini terjadi semenjak masih kecil. Bersumber pada penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Cara Mengobati Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli menerka bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga ayan sekunder adalah jenis epilepsi yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga bisa menimbulkan ayan sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Untuk itu, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap kegiatannya, karena ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Apakah Penyakit Epilepsi Menular"

Posting Komentar

wdcfawqafwef