Askep Epilepsi Pada Anak


Epilepsi atau ayan merupakan satu keadaan yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak ditenggarai sebagai dalang dari sebagian kecil perkara ayan. hanya saja di sebagian besar peristiwa yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Paling Ampuh


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi waktu impuls listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga memicu tindakan tubuh yang tidak terkendali.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit epilepsi, namun belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diduga mengidap epilepsi sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat keparahan kejang pada tiap pasien epilepsi berbeda-beda. Ada yang hanya berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Berdasarkan fakta WHO, kurang lebih 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka peningkatan peristiwa epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi bertambah setidaknya 30 hingga 50 perkara tiap seratus ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kejadian dapat meningkat sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh keterangan peristiwa ayan paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini bisa bertambah setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekurangnya 40% sampai 50% kasus ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa pertama diderita seseorang di usia berapa saja, meski biasanya masalah ini terjadi dari masih anak-anak. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Cara Penyembuhan Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer ialah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli menaksir bahwa keadaan ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai dapat menyebabkan ayan sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Karenanya, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, karena ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Askep Epilepsi Pada Anak"

Posting Komentar

wdcfawqafwef