Cara Mengobati Penyakit Ayan Atau Epilepsi


Epilepsi atau ayan adalah suatu kondisi yang bisa memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak diduga sebagai pencetus pada sebagian kecil kasus ayan. tetapi dari sebagian besar peristiwa yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Untuk Bayi


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berhubungan dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi waktu dorongan listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga menyebabkan gerakan tubuh yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit epilepsi, namun belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai menderita ayan setelah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Tingkat keparahan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma mengalami beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan pingsan.


Menurut data WHO, setidaknya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan kasus epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi meningkat setidaknya 30 sampai 50 kasus tiap seratus ribu penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian dapat meningkat sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan data perkara ayan minimal 700.000-1,4 juta. Angka ini bisa bertambah setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40%-50% kasus ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa awal dialami seseorang pada usia berapa saja, meski umumnya situasi ini terjadi semenjak masih anak-anak. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Pengertian Kejang

Epilepsi idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli memprediksi bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau dinamakan juga ayan sekunder merupakan jenis epilepsi yang pemicunya dapat diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat menyebabkan ayan sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Oleh sebab itu, awaslah dengan penyakit epilepsi ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap kegiatannya, karena epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Ayan Atau Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef