Cara Pengobatan Epilepsi


Epilepsi atau ayan merupakan suatu situasi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak ditenggarai sebagai penyebab pada sebagian kecil perkara ayan. Namun di sebagian besar perkara yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Alami Untuk Anak


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berhubungan dengan memakai impuls listrik. Pada kejadian ayan, kejang terjadi saat dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga mengakibatkan gerakan fisik yang tidak tertangani.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit epilepsi, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia medis, seseorang diyakini mengidap epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tahap kekritisan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma terjadi beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Menurut fakta WHO, kurang lebih 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan naik sekurangnya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan kejadian ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, peristiwa ayan meningkat kurang lebih 30 sampai 50 kasus tiap seratus ribu warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian dapat naik sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan keterangan perkara epilepsi minimal 700.000-1,4 juta. Angka ini akan meningkat sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40-50 persen peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa mulai diidap seseorang pada usia berapa saja, meski biasanya keadaan ini terjadi sejak kecil. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi dibedakan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Definisi Epilepsi Menurut Who

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli memperkirakan bahwa kondisi ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau dikenal juga ayan sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya bisa menimbulkan epilepsi sekunder.


Epilepsi adalah penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap kegiatannya, karena ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Cara Pengobatan Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef