Definisi Sawan


Epilepsi atau ayan sama dengan sebuah kondisi yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai dalang pada sebagian kecil kasus ayan. hanya saja pada sebagian besar kejadian yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Alternatif Epilepsi


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan menggunakan dorongan listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi waktu dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menyebabkan tindakan tubuh yang tidak terkendali.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit ayan, namun belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diduga mengidap ayan setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tahap keseriusan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang hanya berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga mengakibatkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan keterangan WHO, setidaknya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik kurang lebih 2.4 juta setiap tahunnya. Angka pertambahan peristiwa epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi bertambah sekitar 30-50 perkara tiap 100ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah peristiwa dapat bertambah sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh informasi kasus ayan minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini bisa meningkat sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekitar 40% sampai 50% kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat pertama dialami seseorang pada umur berapa saja, meski biasanya situasi ini terjadi sejak masa kanak-kanak. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Penyebab Epilepsi Pada Bayi

Ayan idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli mencurigai bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan epilepsi simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang pemicunya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai bisa menimbulkan ayan sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Untuk itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang menderita penyakit epilepsi ini, amatilah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Definisi Sawan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef