Epilepsi Definisi


Epilepsi atau ayan yaitu sebuah kondisi yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai dalang di sebagian kecil perkara epilepsi. Namun dari sebagian besar kasus yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Nasa


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berhubungan dengan menggunakan dorongan listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi ketika dorongan listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mengakibatkan gerakan fisik yang tidak terkendali.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit epilepsi, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diduga mengidap ayan setelah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Derajat keparahan kejang pada tiap pasien epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan kehilangan kesadaran.


Menurut data WHO, setidaknya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka pertambahan peristiwa epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan bertambah kurang lebih 30 hingga 50 peristiwa tiap 100ribu warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah peristiwa bisa naik sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta perkara epilepsi paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini bisa bertambah sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40% sampai 50% kejadian epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat pertama diidap seseorang pada umur berapa saja, meski umumnya kondisi ini terjadi dari masa kanak-kanak. Berlandaskan penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Mengobati Epilepsi

Ayan idiopatik atau disebut juga sebagai epilepsi primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menduga bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan epilepsi simptomatik atau disebut juga ayan sekunder merupakan jenis ayan yang pemicunya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya bisa menimbulkan ayan sekunder.


Epilepsi adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diwaspadai. Untuk itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, pantaulah setiap kegiatannya, sebab ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Epilepsi Definisi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef