Idiopatik Epilepsi


Epilepsi atau ayan adalah sebuah situasi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai dalang di sebagian kecil peristiwa ayan. hanya saja pada sebagian besar kasus yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Tiens


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada perkara epilepsi, kejang terjadi saat impuls listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga membuahkan perilaku tubuh yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit epilepsi, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai menderita ayan setelah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Derajat keparahan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang hanya terjadi beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan statistik WHO, sekitar 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik sekitar 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan perkara ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi meningkat kurang lebih 30-50 kejadian tiap 100 rb penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian bisa bertambah hingga 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh data peristiwa epilepsi minimal 700.000-1,4 juta. Angka ini bisa naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40%-50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat pertama diidap seseorang di usia berapa saja, meski umumnya keadaan ini terjadi sejak kecil. Bersumber pada penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Mekanisme Kejang

Ayan idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli mengira bahwa situasi ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau dinamakan juga ayan sekunder merupakan jenis ayan yang penyebabnya dapat diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini dapat mengakibatkan ayan sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, amatilah setiap aktivitasnya, karena ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Idiopatik Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef