Obat Epilepsi Gabapentin


Epilepsi atau ayan merupakan suatu masalah yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai penyebab dari sebagian kecil peristiwa ayan. tetapi pada sebagian besar perkara yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Pdf


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan memakai dorongan listrik. Pada perkara epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menyebabkan gerakan tubuh yang tidak tertangani.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit epilepsi, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diduga menderita epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Stadium keparahan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Berdasarkan statistik WHO, sekitar 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan naik sekitar 2.4 jt setiap tahunnya. Angka pertambahan kejadian ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, perkara epilepsi bertambah sekitar 30-50 kejadian tiap seratus ribu orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian bisa meningkat sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan informasi kejadian ayan paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini akan naik sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40% sampai 50% perkara epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa pertama diderita seseorang di usia berapa saja, meski kebanyakan keadaan ini terjadi semenjak masih kecil. Berdasarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Gejala Epilepsi Pada Bayi

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli mengira bahwa masalah ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat menyebabkan epilepsi sekunder.


Epilepsi merupakan penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, awaslah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, pantaulah setiap kegiatannya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Obat Epilepsi Gabapentin"

Posting Komentar

wdcfawqafwef