Pengertian Penyakit Epilepsi


Epilepsi atau ayan sama dengan satu situasi yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai penyebab dari sebagian kecil perkara epilepsi. hanya saja pada sebagian besar kejadian yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Anti Epilepsi


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memakai dorongan listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga membuahkan tindakan tubuh yang tidak terkendali.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit ayan, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang dipercaya mengidap ayan selepas mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Tahap keseriusan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang cuma berlangsung beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan pingsan.


Berdasarkan statistik WHO, kurang lebih 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah setidaknya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka pertambahan kejadian ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi meningkat setidaknya 30-50 kejadian tiap 100 rb warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah perkara bisa bertambah sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta peristiwa ayan paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini bisa meningkat kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekitar 40%-50% peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat awal dialami seseorang di usia berapa saja, meski kebanyakan masalah ini terjadi sejak masih kecil. Berlandaskan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Pengobatan Epilepsi Secara Tradisional

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli memperkirakan bahwa masalah ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga ayan sekunder merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya bisa menyebabkan epilepsi sekunder.


Epilepsi merupakan penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Untuk itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Apabila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, karena epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Pengertian Penyakit Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef