Penyebab Penyakit Sawan


Epilepsi atau ayan yaitu suatu masalah yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai dalang di sebagian kecil perkara epilepsi. hanya saja pada sebagian besar kasus yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Nasa


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berhubungan dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi waktu impuls listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga menyebabkan gerakan badan yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai mengidap epilepsi selepas mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Taraf kekritisan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Ada yang hanya terjadi beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga berdampak kehilangan kesadaran.


Menurut fakta WHO, sekurangnya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah setidaknya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka pertambahan peristiwa epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, peristiwa ayan naik setidaknya 30 hingga 50 kasus tiap 100ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian bisa naik sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh informasi kejadian epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini bisa meningkat setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekitar 40%-50% perkara epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa pertama dialami seseorang di umur berapa saja, meski umumnya situasi ini terjadi semenjak masa kanak-kanak. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Definisi Epilepsi Menurut Who

Epilepsi idiopatik atau dikenal juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli memprediksi bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder merupakan jenis epilepsi yang pemicunya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya dapat menyebabkan epilepsi sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Karenanya, awaslah dengan penyakit ayan ini. Jika anak Anda ada yang menderita penyakit epilepsi ini, amatilah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Penyebab Penyakit Sawan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef