Cara Mengatasi Epilepsi Pada Anak


Epilepsi atau ayan merupakan suatu keadaan yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai pencetus dari sebagian kecil peristiwa epilepsi. Namun di sebagian besar kasus yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Apotik


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan menggunakan impuls listrik. Pada perkara epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga mengakibatkan tindakan tubuh yang tidak terkontrol.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit ayan, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang diyakini mengidap epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tingkat keseriusan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma terjadi beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh badannya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan kehilangan kesadaran.


Menurut data WHO, setidaknya 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik setidaknya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka peningkatan perkara epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan bertambah sekurangnya 30 sampai 50 peristiwa tiap 100 rb orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah peristiwa dapat meningkat hingga 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan statistik kasus epilepsi paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat meningkat sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40%-50% kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa mulai dialami seseorang pada umur berapa saja, meski umumnya masalah ini terjadi sejak masih kecil. Berdasarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Mekanisme Kejang

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai epilepsi primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Sebagian ahli menebak bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder adalah jenis epilepsi yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya dapat mengakibatkan epilepsi sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang harus diawasi. Oleh sebab itu, awaslah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, amatilah setiap kegiatannya, karena ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Cara Mengatasi Epilepsi Pada Anak"

Posting Komentar

wdcfawqafwef