Pdf Epilepsi


Epilepsi atau ayan adalah sebuah situasi yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai dalang dari sebagian kecil perkara ayan. tetapi pada sebagian besar kasus yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Pdf


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berhubungan dengan menggunakan dorongan listrik. Pada peristiwa ayan, kejang terjadi waktu dorongan listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga mendatangkan tindakan tubuh yang tidak terkontrol.


Kejang memang menjadi gejala utama penyakit ayan, namun belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang diyakini menderita ayan setelah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Tingkat keseriusan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang cuma mengalami beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan tidak sadarkan diri.


Menurut informasi WHO, sekurangnya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Angka peningkatan peristiwa ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kejadian ayan meningkat setidaknya 30 hingga 50 peristiwa tiap 100ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah peristiwa dapat bertambah sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta kasus ayan minimal 700.000-1,4 juta. Angka ini akan naik sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40-50 persen peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa mulai diderita seseorang pada umur berapa saja, meski biasanya situasi ini terjadi dari masih kecil. Bersumber pada penyebabnya, epilepsi dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Pemeriksaan Eeg Pada Anak

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Sebagian ahli menduga bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan ayan simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder merupakan jenis ayan yang pemicunya dapat diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa menyebabkan epilepsi sekunder.


Epilepsi merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Karenanya, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Pdf Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef