Apa Itu Epilepsi Dan Penyebabnya


Epilepsi atau ayan ialah satu masalah yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai dalang di sebagian kecil perkara ayan. hanya saja di sebagian besar peristiwa yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Alami


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi saat dorongan listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mendatangkan tindakan badan yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit ayan, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang diduga menderita epilepsi selepas mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Tingkat keseriusan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar terjadi beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga mengakibatkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan keterangan WHO, sekitar lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat setidaknya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi meningkat sekitar 30 sampai 50 kasus tiap seratus ribu warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kasus bisa bertambah sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh informasi kejadian ayan minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40-50 persen perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa mulai dialami seseorang pada umur kapan saja, meski biasanya situasi ini terjadi semenjak masa kanak-kanak. Bersandarkan penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Tanda Tanda Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dikenal juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menaksir bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan epilepsi simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder adalah jenis epilepsi yang pemicunya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat mengakibatkan epilepsi sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diawasi. Oleh karena itu, awaslah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, amatilah setiap kegiatannya, karena ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Apa Itu Epilepsi Dan Penyebabnya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef