Arti Kejang


Epilepsi atau ayan yaitu sebuah masalah yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai dalang di sebagian kecil kasus epilepsi. hanya saja dari sebagian besar peristiwa yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Aman Untuk Ibu Hamil


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan memakai impuls listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi ketika impuls listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga mengakibatkan tindakan badan yang tidak terkendali.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit ayan, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai menderita epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tingkat kegawatan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Berdasarkan fakta WHO, kurang lebih 50.000.000 orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan peristiwa ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi bertambah sekitar 30 sampai 50 perkara tiap 100 rb warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kasus dapat naik hingga 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik kejadian epilepsi paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini bisa meningkat setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40-50 persen kasus epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat pertama diderita seseorang di umur berapa saja, meski biasanya situasi ini terjadi semenjak masih anak-anak. Bersumber pada penyebabnya, epilepsi dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Mengobati Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer merupakan jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli menerka bahwa situasi ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sedangkan ayan simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat mengakibatkan epilepsi sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diawasi. Karenanya, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap kegiatannya, karena epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Arti Kejang"

Posting Komentar

wdcfawqafwef