Contoh Askep Epilepsi


Epilepsi atau ayan sama dengan suatu keadaan yang bisa memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak ditenggarai sebagai penyebab dari sebagian kecil peristiwa epilepsi. tetapi di sebagian besar kasus yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Alami Untuk Anak


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada kejadian ayan, kejang terjadi saat dorongan listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga menimbulkan perilaku fisik yang tidak tertangani.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit ayan, namun belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diyakini menderita epilepsi selepas mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Tingkat kekritisan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga menimbulkan pingsan.


Berdasarkan data WHO, kurang lebih 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka pertambahan perkara ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, peristiwa epilepsi meningkat sekurangnya 30 sampai 50 kejadian tiap 100ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian dapat naik hingga 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh informasi peristiwa epilepsi minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekurangnya 40%-50% perkara epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa awal dialami seseorang di usia berapa saja, meski umumnya situasi ini terjadi dari masa kanak-kanak. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibagi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Definisi Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli mengira bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga ayan sekunder adalah jenis epilepsi yang pemicunya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya bisa mengakibatkan ayan sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang harus diawasi. Karena itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, pantaulah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Contoh Askep Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef