Epilepsi Adalah


Epilepsi atau ayan yaitu satu situasi yang bisa menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai dalang dari sebagian kecil kasus epilepsi. Namun di sebagian besar kasus yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Untuk Anak


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan menggunakan dorongan listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi waktu impuls listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga mengakibatkan perilaku fisik yang tidak teratur.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit ayan, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai mengidap epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat kegawatan kejang pada tiap pasien epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma terjadi beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai menimbulkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan keterangan WHO, sekurangnya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, peristiwa epilepsi bertambah sekurangnya 30 sampai 50 kejadian tiap 100ribu orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kejadian dapat naik hingga dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik kejadian epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat bertambah kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40%-50% peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa awal diidap seseorang di usia berapa saja, meski kebanyakan masalah ini terjadi dari kecil. Bersumber pada penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Tanda Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer merupakan jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menduga bahwa situasi ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sedangkan ayan simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder adalah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini bisa mengakibatkan ayan sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Untuk itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Epilepsi Adalah"

Posting Komentar

wdcfawqafwef