Epilepsi Obat Seumur Hidup


Epilepsi atau ayan adalah sebuah keadaan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai dalang di sebagian kecil perkara epilepsi. tetapi pada sebagian besar kasus yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Tradisional


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan menggunakan dorongan listrik. Pada kejadian ayan, kejang terjadi saat dorongan listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga memicu perilaku tubuh yang tidak tertangani.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit epilepsi, namun belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia medis, seseorang dicurigai mengidap epilepsi sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat keseriusan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada separuh badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan pingsan.


Menurut informasi WHO, kurang lebih 50 jt orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah setidaknya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan kejadian epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian ayan bertambah sekitar 30-50 kejadian tiap 100 rb warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kasus bisa naik hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh informasi kejadian epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini akan meningkat kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40-50 persen peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa awal diidap seseorang pada umur kapan saja, meski kebanyakan situasi ini terjadi semenjak kecil. Berlandaskan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Cara Pengobatan Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer adalah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan epilepsi simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat menimbulkan epilepsi sekunder.


Epilepsi merupakan penyakit yang cukup serius yang wajib diwaspadai. Oleh karena itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, karena ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Epilepsi Obat Seumur Hidup"

Posting Komentar

wdcfawqafwef