Jurnal Tentang Penyakit Epilepsi


Epilepsi atau ayan ialah satu masalah yang bisa menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai penyebab dari sebagian kecil peristiwa epilepsi. Namun pada sebagian besar kejadian yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Alami Epilepsi Dari Tumbuhan


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada perkara epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menimbulkan gerakan fisik yang tidak terkontrol.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit epilepsi, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia medis, seseorang dicurigai menderita epilepsi sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat kekritisan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang cuma mengalami beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan informasi WHO, sekitar 50.000.000 orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan naik sekurangnya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan kasus epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian ayan meningkat setidaknya 30-50 peristiwa tiap 100ribu warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah perkara dapat bertambah sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta perkara ayan paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat bertambah setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40%-50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat mulai dialami seseorang di usia berapa saja, meski biasanya keadaan ini terjadi sejak masa kanak-kanak. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Arti Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dikenal juga sebagai epilepsi primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli memprediksi bahwa keadaan ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sedangkan ayan simptomatik atau disebut juga ayan sekunder adalah jenis epilepsi yang penyebabnya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai dapat mengakibatkan epilepsi sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, karena epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Jurnal Tentang Penyakit Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef