Obat Epilepsi Yang Ditanggung Bpjs


Epilepsi atau ayan yaitu sebuah masalah yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak diduga sebagai penyebab dari sebagian kecil kasus ayan. Namun dari sebagian besar kejadian yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Absence


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan menggunakan dorongan listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mendatangkan perilaku tubuh yang tidak tertangani.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit ayan, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diyakini menderita ayan setelah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Taraf kegawatan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang cuma terjadi beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai menyebabkan tidak sadarkan diri.


Menurut data WHO, kurang lebih lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan kejadian ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan naik sekurangnya 30 hingga 50 kejadian tiap 100ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kasus bisa bertambah hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh data kasus epilepsi paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini dapat naik sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada kurang lebih 40-50 persen kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat awal dialami seseorang pada usia berapa saja, meski biasanya masalah ini terjadi sejak masih anak-anak. Bersumber pada penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Epilepsi Anak

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli beranggapan bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan epilepsi simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder merupakan jenis epilepsi yang pemicunya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai bisa mengakibatkan ayan sekunder.


Epilepsi adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diwaspadai. Karenanya, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, amatilah setiap kegiatannya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Obat Epilepsi Yang Ditanggung Bpjs"

Posting Komentar

wdcfawqafwef