Anak Epilepsi


Epilepsi atau ayan adalah sebuah kondisi yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai pencetus pada sebagian kecil perkara ayan. hanya saja dari sebagian besar kasus yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Paling Ampuh


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan menggunakan impuls listrik. Pada perkara ayan, kejang terjadi ketika dorongan listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga membuahkan perilaku tubuh yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit ayan, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang dipercaya mengidap epilepsi sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tingkat keseriusan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma mengalami beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga menimbulkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan data WHO, setidaknya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka peningkatan kejadian ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan meningkat setidaknya 30 sampai 50 kasus tiap 100ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian dapat naik sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan keterangan peristiwa epilepsi paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini bisa naik kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40-50 persen kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa mulai dialami seseorang pada usia berapa saja, meski kebanyakan keadaan ini terjadi dari masih anak-anak. Berdasarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Penyebab Epilepsi Pada Anak

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer ialah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menerka bahwa masalah ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder merupakan jenis epilepsi yang pemicunya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai dapat menyebabkan ayan sekunder.


Epilepsi adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Karenanya, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Apabila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, pantaulah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Anak Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef