Apakah Epilepsi Penyakit Keturunan


Epilepsi atau ayan ialah suatu masalah yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai dalang di sebagian kecil perkara epilepsi. hanya saja pada sebagian besar kejadian yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada perkara epilepsi, kejang terjadi ketika impuls listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga membuahkan perilaku tubuh yang tidak tertangani.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit epilepsi, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia medis, seseorang diduga menderita ayan sesudah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Taraf kegawatan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang hanya terjadi beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga mengakibatkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan fakta WHO, sekurangnya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik sekitar 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi bertambah setidaknya 30-50 kejadian tiap 100 rb orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah perkara bisa meningkat hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh informasi kasus epilepsi paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan meningkat sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40%-50% peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa pertama diidap seseorang pada umur kapan saja, meski biasanya kondisi ini terjadi dari masih kecil. Berlandaskan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Kejang Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli menduga bahwa kondisi ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sedangkan ayan simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder merupakan jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga bisa menimbulkan epilepsi sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Oleh karena itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, sebab ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Apakah Epilepsi Penyakit Keturunan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef