Penyakit Epilepsi Dan Pengobatannya


Epilepsi atau ayan merupakan suatu kondisi yang bisa menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai pencetus di sebagian kecil peristiwa epilepsi. Namun pada sebagian besar peristiwa yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Generik


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang menjadi komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada perkara ayan, kejang terjadi waktu impuls listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga mengakibatkan gerakan tubuh yang tidak terkendali.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit epilepsi, namun belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diduga menderita epilepsi selepas mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Taraf kegawatan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar terjadi beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga mengakibatkan pingsan.


Menurut fakta WHO, setidaknya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan kejadian ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan meningkat sekurangnya 30-50 kejadian tiap seratus ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian bisa meningkat sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan data kejadian ayan paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini bisa meningkat setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40% sampai 50% kasus epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa mulai diderita seseorang pada umur berapa saja, meski kebanyakan kondisi ini terjadi sejak masih anak-anak. Berlandaskan penyebabnya, ayan dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Penyebab Epilepsi Pada Anak

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai epilepsi primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli mengira bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat mengakibatkan epilepsi sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, karena ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Penyakit Epilepsi Dan Pengobatannya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef