Arti Epilepsi


Epilepsi atau ayan adalah sebuah keadaan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai dalang di sebagian kecil kejadian ayan. hanya saja pada sebagian besar perkara yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Pada Anjing


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan memakai dorongan listrik. Pada kasus epilepsi, kejang terjadi saat impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga memicu perilaku badan yang tidak tertangani.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit epilepsi, namun belum pasti orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang diyakini menderita epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Stadium keseriusan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang cuma berlangsung beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan data WHO, sekurangnya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka pertambahan peristiwa ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan naik setidaknya 30 sampai 50 perkara tiap 100 rb orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian bisa meningkat sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh data peristiwa epilepsi paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan naik sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada setidaknya 40% sampai 50% perkara epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat awal dialami seseorang pada usia berapa saja, meski umumnya kondisi ini terjadi sejak masih anak-anak. Berlandaskan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Kejang Tonik

Ayan idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer adalah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli beranggapan bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan ayan simptomatik atau dikenal juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini dapat mengakibatkan epilepsi sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Untuk itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, pantaulah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Arti Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef