Kejang Kejang


Epilepsi atau ayan ialah sebuah keadaan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai pencetus di sebagian kecil kasus epilepsi. tetapi dari sebagian besar kasus yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Nasa


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berhubungan dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi waktu impuls listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga mengundang perilaku tubuh yang tidak tertangani.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit ayan, tetapi belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang dipercaya mengidap epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Stadium keparahan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang cuma berlangsung beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai menimbulkan pingsan.


Berdasarkan data WHO, kurang lebih lima puluh juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka pertambahan perkara epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan meningkat kurang lebih 30-50 perkara tiap 100ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kasus bisa meningkat hingga 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan fakta peristiwa epilepsi paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini akan bertambah setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40% sampai 50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat pertama diderita seseorang pada usia berapa saja, meski biasanya keadaan ini terjadi sejak masih anak-anak. Bersandarkan penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Definisi Epilepsi Menurut Who

Ayan idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menebak bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga ayan sekunder ialah jenis epilepsi yang pemicunya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai bisa menimbulkan epilepsi sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang harus diawasi. Oleh sebab itu, awaslah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, pantaulah setiap kegiatannya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Kejang Kejang"

Posting Komentar

wdcfawqafwef