Perbedaan Epilepsi Dan Kejang


Epilepsi atau ayan ialah satu keadaan yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai pencetus pada sebagian kecil kasus ayan. tetapi di sebagian besar peristiwa yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Untuk Ibu Hamil


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada perkara ayan, kejang terjadi ketika dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menimbulkan tindakan badan yang tidak teratur.


Kejang memang menjadi gejala utama penyakit epilepsi, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang dipercaya menderita ayan selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Taraf kekritisan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan keterangan WHO, sekitar lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka pertambahan kejadian epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi bertambah sekitar 30 sampai 50 kejadian tiap 100 rb orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah perkara bisa meningkat hingga 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik kasus epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini bisa bertambah sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada kurang lebih 40% sampai 50% peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat pertama diderita seseorang pada usia kapan saja, meski kebanyakan keadaan ini terjadi dari masih anak-anak. Bersandarkan penyebabnya, epilepsi dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Penyembuhan Epilepsi

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai epilepsi primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli menduga bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder merupakan jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa menimbulkan ayan sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Perbedaan Epilepsi Dan Kejang"

Posting Komentar

wdcfawqafwef