Bayi Sering Kejang Saat Tidur


Epilepsi atau ayan adalah sebuah kondisi yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai dalang dari sebagian kecil kasus epilepsi. hanya saja dari sebagian besar kasus yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Anak


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga menimbulkan perilaku tubuh yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang dipercaya mengidap epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Taraf kekritisan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang cuma mengalami beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga menyebabkan kehilangan kesadaran.


Menurut fakta WHO, setidaknya 50 jt orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan meningkat setidaknya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan kejadian ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi naik sekurangnya 30-50 kasus tiap 100 rb orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah perkara bisa naik sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan informasi peristiwa epilepsi paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan bertambah sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat kurang lebih 40% sampai 50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat mulai diidap seseorang pada umur kapan saja, meski umumnya kondisi ini terjadi dari masa kanak-kanak. Bersumber pada penyebabnya, ayan dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Definisi Epilepsi Menurut Who

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli menerka bahwa masalah ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder adalah jenis epilepsi yang penyebabnya dapat diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya dapat menyebabkan ayan sekunder.


Epilepsi merupakan penyakit yang cukup serius yang wajib diwaspadai. Karenanya, awaslah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, karena epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Bayi Sering Kejang Saat Tidur"

Posting Komentar

wdcfawqafwef