Ciri Ciri Epilepsi Pada Bayi


Epilepsi atau ayan merupakan sebuah situasi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai penyebab pada sebagian kecil kejadian ayan. tetapi dari sebagian besar kejadian yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Ampuh


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada kasus epilepsi, kejang terjadi ketika impuls listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga mengundang perilaku fisik yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai mengidap epilepsi sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Stadium kegawatan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga berdampak kehilangan kesadaran.


Menurut data WHO, sekurangnya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan kejadian epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan naik kurang lebih 30-50 kejadian tiap 100ribu orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kejadian bisa naik sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan data kejadian epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini akan naik kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40-50 persen peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat pertama dialami seseorang di usia berapa saja, meski umumnya kondisi ini terjadi dari masih anak-anak. Bersandarkan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli mencurigai bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan epilepsi simptomatik atau disebut juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai bisa menimbulkan ayan sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Karena itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Ciri Ciri Epilepsi Pada Bayi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef