Epilepsi Parsial Kompleks


Epilepsi atau ayan yaitu suatu keadaan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai pencetus pada sebagian kecil peristiwa ayan. Namun pada sebagian besar peristiwa yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Anjing


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga memicu tindakan fisik yang tidak terkendali.


Kejang memang merupakan tanda utama penyakit epilepsi, namun belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dipercaya menderita ayan sesudah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Taraf keseriusan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai menyebabkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan data WHO, sekurangnya 50 jt orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Angka peningkatan kejadian epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan naik setidaknya 30 sampai 50 kasus tiap 100 rb penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kasus dapat meningkat sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan keterangan kejadian epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini akan bertambah sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40%-50% peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa pertama diidap seseorang pada usia berapa saja, meski kebanyakan masalah ini terjadi semenjak kecil. Berlandaskan penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Penderita Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli memprediksi bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan epilepsi simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai bisa menimbulkan ayan sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Karenanya, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, amatilah setiap aktivitasnya, sebab ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Epilepsi Parsial Kompleks"

Posting Komentar

wdcfawqafwef