Kejang Epilepsi


Epilepsi atau ayan ialah satu keadaan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai dalang di sebagian kecil peristiwa epilepsi. hanya saja di sebagian besar kejadian yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Untuk Anak


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi waktu impuls listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga membuahkan perilaku badan yang tidak tertangani.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit epilepsi, namun belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diduga menderita epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat kekritisan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang cuma berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga berdampak kehilangan kesadaran.


Berdasarkan informasi WHO, sekitar 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kejadian ayan bertambah setidaknya 30 hingga 50 kejadian tiap 100 rb warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kasus dapat naik hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan keterangan kasus epilepsi paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini dapat naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40%-50% kejadian epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat mulai diidap seseorang di usia kapan saja, meski umumnya kondisi ini terjadi sejak masih kecil. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibagi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Penyembuhan Epilepsi

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli memprediksi bahwa situasi ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder merupakan jenis ayan yang pemicunya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa menyebabkan epilepsi sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diwaspadai. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap aktivitasnya, sebab ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Kejang Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef