Penyebab Epilepsi Pada Bayi


Epilepsi atau ayan merupakan sebuah situasi yang bisa memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai penyebab dari sebagian kecil perkara epilepsi. hanya saja pada sebagian besar peristiwa yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Anjing


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan memakai impuls listrik. Pada perkara epilepsi, kejang terjadi waktu impuls listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menyebabkan perilaku fisik yang tidak tertangani.


Kejang memang menjadi gejala utama penyakit ayan, namun belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang diduga mengidap epilepsi sesudah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Tahap kekritisan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang cuma mengalami beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Berdasarkan fakta WHO, setidaknya 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan kasus epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan bertambah kurang lebih 30-50 peristiwa tiap seratus ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kejadian bisa naik hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan data perkara epilepsi paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini bisa naik sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekurangnya 40%-50% kasus epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat mulai dialami seseorang di umur berapa saja, meski umumnya kondisi ini terjadi semenjak masih kecil. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Definisi Epilepsi Menurut Who

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer ialah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli menaksir bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan ayan simptomatik atau disebut juga ayan sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai bisa menimbulkan ayan sekunder.


Epilepsi adalah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Karenanya, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, karena epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Penyebab Epilepsi Pada Bayi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef