Sebab Epilepsi


Epilepsi atau ayan sama dengan suatu keadaan yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai penyebab dari sebagian kecil kejadian ayan. tetapi dari sebagian besar peristiwa yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Tradisional


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berhubungan dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi saat impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga memicu tindakan tubuh yang tidak terkendali.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit ayan, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang dicurigai mengidap ayan selepas mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Tingkat kegawatan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai menyebabkan kehilangan kesadaran.


Menurut keterangan WHO, setidaknya 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan meningkat setidaknya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan kasus epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan naik kurang lebih 30-50 peristiwa tiap 100ribu warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kasus bisa bertambah sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh keterangan peristiwa epilepsi paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan meningkat sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40%-50% kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat pertama dialami seseorang di usia berapa saja, meski biasanya situasi ini terjadi dari masih kecil. Berlandaskan penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Terapi Epilepsi

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan ayan simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder merupakan jenis ayan yang penyebabnya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat menimbulkan epilepsi sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang harus diawasi. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, amatilah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Sebab Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef