Tanaman Herbal Obat Epilepsi


Epilepsi atau ayan adalah satu keadaan yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai penyebab pada sebagian kecil kasus ayan. Namun pada sebagian besar peristiwa yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Apa


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan memakai impuls listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi waktu impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mengundang perilaku badan yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diduga menderita epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Stadium keseriusan kejang pada tiap pasien epilepsi berbeda-beda. Ada yang hanya terjadi beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga berdampak tidak sadarkan diri.


Menurut statistik WHO, kurang lebih 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah sekurangnya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan kasus ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi bertambah kurang lebih 30-50 peristiwa tiap seratus ribu orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian bisa bertambah sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan statistik kasus epilepsi paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini akan bertambah sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40% sampai 50% peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa mulai diderita seseorang pada umur kapan saja, meski umumnya keadaan ini terjadi dari masih kecil. Berdasarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Mekanisme Kejang

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer ialah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli beranggapan bahwa kondisi ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sedangkan epilepsi simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang pemicunya dapat diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini bisa menyebabkan epilepsi sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diwaspadai. Untuk itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, amatilah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Tanaman Herbal Obat Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef