Apa Itu Penyakit Epilepsi


Epilepsi atau ayan yaitu sebuah situasi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai pencetus dari sebagian kecil peristiwa ayan. tetapi dari sebagian besar kejadian yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Paling Ampuh


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan menggunakan dorongan listrik. Pada kasus epilepsi, kejang terjadi saat impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mendatangkan tindakan fisik yang tidak terkontrol.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit ayan, namun belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diduga mengidap ayan sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Stadium keparahan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang cuma mengalami beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh badannya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan tidak sadarkan diri.


Menurut informasi WHO, kurang lebih 50 jt orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan naik setidaknya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan kasus epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan naik sekitar 30 sampai 50 kasus tiap 100ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kasus dapat naik hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik kasus epilepsi minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan meningkat sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada kurang lebih 40%-50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa awal dialami seseorang pada usia kapan saja, meski biasanya masalah ini terjadi dari masih kecil. Bersandarkan penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Etiologi Epilepsi

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli memprediksi bahwa kondisi ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder merupakan jenis ayan yang penyebabnya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa menimbulkan epilepsi sekunder.


Epilepsi merupakan penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Karenanya, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, karena ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Apa Itu Penyakit Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef