Ayan Epilepsi


Epilepsi atau ayan adalah sebuah masalah yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai penyebab dari sebagian kecil kejadian ayan. tetapi di sebagian besar kejadian yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Alami Untuk Anak


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berhubungan dengan memakai dorongan listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi ketika impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mengundang gerakan badan yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit ayan, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang dipercaya menderita epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat keparahan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan informasi WHO, sekitar 50 juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat setidaknya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka pertambahan kejadian ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan bertambah setidaknya 30 sampai 50 peristiwa tiap 100 rb warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kasus dapat bertambah hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta perkara epilepsi paling sedikit 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini bisa naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekurangnya 40% sampai 50% peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa mulai diderita seseorang di usia berapa saja, meski umumnya keadaan ini terjadi dari kecil. Bersumber pada penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Kejang Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli mencurigai bahwa masalah ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sedangkan ayan simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder adalah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai bisa menyebabkan ayan sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Karenanya, awaslah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, sebab ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Ayan Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef