Cara Mengatasi Penyakit Ayan


Epilepsi atau ayan ialah satu masalah yang bisa menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai penyebab di sebagian kecil kasus ayan. tetapi di sebagian besar perkara yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Asam Valproat


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan memakai impuls listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga mengundang gerakan badan yang tidak tertangani.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit ayan, namun belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diyakini mengidap ayan setelah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Derajat keseriusan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh badannya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan statistik WHO, sekurangnya 50 jt orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan naik kurang lebih 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara epilepsi naik sekurangnya 30 sampai 50 peristiwa tiap 100 rb penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah perkara bisa bertambah sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh informasi kasus epilepsi minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan naik sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekurangnya 40%-50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat mulai diderita seseorang di umur berapa saja, meski umumnya keadaan ini terjadi dari masih anak-anak. Berdasarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Penyakit Kejang

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menduga bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa menimbulkan epilepsi sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Untuk itu, awaslah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, karena epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Cara Mengatasi Penyakit Ayan"

Posting Komentar

wdcfawqafwef