Epilepsi Pada Bayi


Epilepsi atau ayan adalah satu masalah yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak ditenggarai sebagai dalang pada sebagian kecil peristiwa epilepsi. hanya saja di sebagian besar peristiwa yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Alami Untuk Anak


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan menggunakan impuls listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi waktu impuls listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga mendatangkan perilaku fisik yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit ayan, namun belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang dicurigai menderita ayan selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat keseriusan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang hanya berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak pingsan.


Menurut informasi WHO, setidaknya 50 juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan bertambah setidaknya 30 hingga 50 perkara tiap seratus ribu penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah peristiwa bisa naik hingga dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan keterangan perkara ayan paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini akan meningkat sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada setidaknya 40%-50% kasus ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa pertama diidap seseorang di umur kapan saja, meski umumnya keadaan ini terjadi dari kecil. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibagi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Kejang

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menebak bahwa kondisi ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder merupakan jenis ayan yang pemicunya dapat diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga bisa menimbulkan ayan sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Karena itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Apabila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, pantaulah setiap kegiatannya, sebab ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Epilepsi Pada Bayi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef