Epilepsi Anak Pdf


Epilepsi atau ayan ialah suatu kondisi yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diduga sebagai pencetus di sebagian kecil kejadian epilepsi. tetapi di sebagian besar kasus yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Paling Ampuh


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan menggunakan impuls listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi saat impuls listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga menimbulkan tindakan fisik yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit ayan, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang dipercaya menderita ayan selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat kekritisan kejang pada tiap pasien epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma berlangsung beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga berdampak pingsan.


Berdasarkan statistik WHO, sekitar lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah setidaknya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi meningkat setidaknya 30 hingga 50 kejadian tiap 100 rb penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian dapat meningkat sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta kejadian ayan minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini bisa meningkat kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekitar 40-50 persen kasus epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat awal diidap seseorang pada usia kapan saja, meski biasanya kondisi ini terjadi dari masih kecil. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Gejala Epilepsi Pada Bayi

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai epilepsi primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli menebak bahwa situasi ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang penyebabnya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat mengakibatkan ayan sekunder.


Epilepsi adalah penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, amatilah setiap kegiatannya, karena ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Epilepsi Anak Pdf"

Posting Komentar

wdcfawqafwef