Obat Epilepsi Secara Medis


Epilepsi atau ayan adalah suatu kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai pencetus di sebagian kecil peristiwa ayan. tetapi di sebagian besar kejadian yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Ampuh


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi ketika dorongan listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mengundang gerakan fisik yang tidak terkendali.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit epilepsi, tetapi belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai menderita epilepsi setelah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Stadium keseriusan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga berdampak tidak sadarkan diri.


Menurut fakta WHO, setidaknya 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan meningkat setidaknya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka pertambahan kasus epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan naik sekitar 30 hingga 50 kasus tiap 100 rb penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian bisa meningkat sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan informasi perkara epilepsi paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat meningkat kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekitar 40%-50% peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat mulai diderita seseorang pada usia kapan saja, meski kebanyakan situasi ini terjadi dari kecil. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Kejang Tonik

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli menaksir bahwa masalah ini disebabkan oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya dapat diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya dapat menimbulkan epilepsi sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Oleh karena itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, pantaulah setiap aktivitasnya, karena epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Obat Epilepsi Secara Medis"

Posting Komentar

wdcfawqafwef