Makalah Epilepsi Pada Anak


Epilepsi atau ayan merupakan suatu keadaan yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai pencetus di sebagian kecil kejadian ayan. hanya saja dari sebagian besar peristiwa yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan menggunakan dorongan listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi saat impuls listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menyebabkan gerakan badan yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai mengidap epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat kegawatan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar terjadi beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan fakta WHO, sekitar 50 juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat sekitar 2.4 jt setiap tahunnya. Angka pertambahan kasus epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi meningkat kurang lebih 30 hingga 50 perkara tiap 100 rb orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah perkara bisa bertambah hingga dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan fakta kejadian epilepsi minimal 700.000-1,4 juta. Angka ini bisa bertambah kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada kurang lebih 40% sampai 50% peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa pertama dialami seseorang pada umur kapan saja, meski umumnya keadaan ini terjadi sejak masih kecil. Bersumber pada penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Definisi Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer adalah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli menebak bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau dikenal juga ayan sekunder merupakan jenis ayan yang pemicunya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya dapat menyebabkan epilepsi sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Karenanya, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, karena epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Makalah Epilepsi Pada Anak"

Posting Komentar

wdcfawqafwef