Patofisiologi Epilepsi Pdf


Epilepsi atau ayan adalah satu kondisi yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai pencetus di sebagian kecil kejadian epilepsi. Namun pada sebagian besar kejadian yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Pada Ibu Hamil


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan menggunakan impuls listrik. Pada perkara epilepsi, kejang terjadi waktu impuls listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menimbulkan perilaku tubuh yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit ayan, namun belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang dipercaya mengidap ayan setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tahap keseriusan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan fakta WHO, sekurangnya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 juta setiap tahunnya. Angka peningkatan kasus epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara epilepsi bertambah sekitar 30 sampai 50 peristiwa tiap 100 rb warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah perkara dapat meningkat hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh keterangan kasus ayan minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini bisa meningkat kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat kurang lebih 40-50 persen peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat awal dialami seseorang di umur berapa saja, meski umumnya keadaan ini terjadi sejak kecil. Berlandaskan penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Cara Menyembuhkan Epilepsi

Ayan idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli menaksir bahwa masalah ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai dapat menyebabkan ayan sekunder.


Epilepsi merupakan penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Karena itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, pantaulah setiap kegiatannya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Patofisiologi Epilepsi Pdf"

Posting Komentar

wdcfawqafwef