Makalah Penyakit Epilepsi


Epilepsi atau ayan merupakan sebuah keadaan yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai pencetus dari sebagian kecil kasus ayan. hanya saja di sebagian besar peristiwa yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Ampuh


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan menggunakan impuls listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi saat impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mengakibatkan gerakan tubuh yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit ayan, namun belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia medis, seseorang dicurigai menderita epilepsi setelah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Stadium kegawatan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai mengakibatkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan statistik WHO, kurang lebih 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat sekurangnya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan peristiwa epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi meningkat sekurangnya 30 sampai 50 kejadian tiap seratus ribu warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian bisa bertambah sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan statistik perkara ayan paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini akan naik sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40% sampai 50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat awal dialami seseorang pada umur berapa saja, meski umumnya kondisi ini terjadi semenjak kecil. Bersumber pada penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Kejang Tonik

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli mengira bahwa masalah ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sedangkan ayan simptomatik atau dikenal juga ayan sekunder adalah jenis epilepsi yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dicurigai bisa menimbulkan ayan sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, sebab epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Makalah Penyakit Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef