Obat Anti Epilepsi Pada Anak


Epilepsi atau ayan adalah sebuah keadaan yang dapat memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diduga sebagai dalang pada sebagian kecil perkara ayan. tetapi di sebagian besar peristiwa yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Atau Ayan


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi ketika impuls listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga mengakibatkan perilaku fisik yang tidak tertangani.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit epilepsi, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang dipercaya mengidap ayan selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tahap kekritisan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menyebabkan pingsan.


Berdasarkan keterangan WHO, sekitar 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi bertambah kurang lebih 30 sampai 50 kejadian tiap 100ribu penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian dapat bertambah sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik peristiwa epilepsi paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini dapat meningkat sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada setidaknya 40-50 persen kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa pertama dialami seseorang pada umur berapa saja, meski biasanya kondisi ini terjadi sejak kecil. Bersandarkan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Mengobati Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli menerka bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan ayan simptomatik atau dikenal juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya bisa menimbulkan epilepsi sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang wajib diwaspadai. Oleh karena itu, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, karena ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Obat Anti Epilepsi Pada Anak"

Posting Komentar

wdcfawqafwef