Obat Untuk Epilepsi Grand Mal


Epilepsi atau ayan sama dengan sebuah keadaan yang bisa memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai dalang dari sebagian kecil kejadian epilepsi. Namun dari sebagian besar perkara yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Atau Ayan


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berhubungan dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi ketika impuls listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga menyebabkan tindakan tubuh yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tetapi belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diyakini menderita epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Stadium kegawatan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar terjadi beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga berdampak kehilangan kesadaran.


Berdasarkan statistik WHO, kurang lebih 50 juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan kejadian epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, peristiwa ayan meningkat kurang lebih 30 sampai 50 kejadian tiap 100ribu orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian dapat bertambah sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan fakta peristiwa ayan minimal 700.000-1,4 juta. Angka ini bisa naik kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekitar 40%-50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa awal diidap seseorang di usia berapa saja, meski biasanya kondisi ini terjadi dari kecil. Bersumber pada penyebabnya, ayan dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Pengertian Epilepsi

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer merupakan jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli menebak bahwa keadaan ini disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan ayan simptomatik atau disebut juga ayan sekunder merupakan jenis ayan yang pemicunya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya dapat menimbulkan epilepsi sekunder.


Epilepsi adalah penyakit yang cukup serius yang harus diawasi. Oleh karena itu, awaslah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, amatilah setiap aktivitasnya, karena epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Obat Untuk Epilepsi Grand Mal"

Posting Komentar

wdcfawqafwef