Penderita Epilepsi Yang Sukses


Epilepsi atau ayan merupakan satu keadaan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diduga sebagai penyebab dari sebagian kecil perkara epilepsi. hanya saja pada sebagian besar kejadian yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Untuk Anak


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi waktu dorongan listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga mengakibatkan gerakan fisik yang tidak terkontrol.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit ayan, namun belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai menderita ayan sesudah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Stadium keseriusan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang hanya mengalami beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga mengakibatkan pingsan.


Berdasarkan fakta WHO, sekitar 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan peristiwa epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan meningkat kurang lebih 30-50 peristiwa tiap 100 rb penduduk. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kasus dapat meningkat hingga dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta kasus ayan paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat bertambah sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat setidaknya 40%-50% kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat mulai diderita seseorang di usia berapa saja, meski biasanya situasi ini terjadi sejak masih anak-anak. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Mekanisme Kejang

Ayan idiopatik atau disebut juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli menerka bahwa keadaan ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sementara ayan simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder adalah jenis ayan yang pemicunya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat menimbulkan ayan sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Karena itu, awaslah dengan penyakit epilepsi ini. Jika anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, amatilah setiap aktivitasnya, karena epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Penderita Epilepsi Yang Sukses"

Posting Komentar

wdcfawqafwef