Apakah Penyakit Ayan Menular


Epilepsi atau ayan ialah sebuah kondisi yang bisa memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai penyebab di sebagian kecil kejadian epilepsi. Namun dari sebagian besar kasus yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Absence


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berhubungan dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada perkara ayan, kejang terjadi ketika impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga menyebabkan gerakan tubuh yang tidak terkontrol.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit ayan, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang diyakini mengidap ayan sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Taraf keparahan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak pingsan.


Berdasarkan keterangan WHO, kurang lebih lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan kasus epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi naik setidaknya 30 hingga 50 peristiwa tiap 100 rb penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah kasus dapat meningkat sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik kejadian ayan minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan naik kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada setidaknya 40-50 persen kasus ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa mulai diidap seseorang pada usia kapan saja, meski umumnya masalah ini terjadi dari masih anak-anak. Berdasarkan penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Kejang Fokal

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli memprediksi bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan epilepsi simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya dapat mengakibatkan epilepsi sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Oleh sebab itu, awaslah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, pantaulah setiap kegiatannya, sebab ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Apakah Penyakit Ayan Menular"

Posting Komentar

wdcfawqafwef