Kasus Epilepsi


Epilepsi atau ayan yaitu sebuah kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai penyebab dari sebagian kecil kejadian epilepsi. hanya saja pada sebagian besar kasus yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Pada Ibu Hamil


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berhubungan dengan menggunakan impuls listrik. Pada kejadian ayan, kejang terjadi waktu impuls listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga mendatangkan gerakan fisik yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit ayan, tetapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diyakini mengidap ayan sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat keparahan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang hanya terjadi beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai menyebabkan tidak sadarkan diri.


Menurut statistik WHO, sekurangnya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka peningkatan kejadian epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi meningkat setidaknya 30 hingga 50 perkara tiap seratus ribu warga. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah perkara dapat meningkat hingga dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik perkara epilepsi minimal 700.000-1,4 juta. Angka ini dapat meningkat sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40% sampai 50% kasus ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi dapat awal diidap seseorang di usia berapa saja, meski biasanya masalah ini terjadi dari kecil. Bersumber pada penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Epilepsi Adalah

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli mencurigai bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara epilepsi simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga bisa menimbulkan epilepsi sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diawasi. Oleh karena itu, awaslah dengan penyakit epilepsi ini. Apabila anak Anda ada yang menderita penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap kegiatannya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Kasus Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef