Tentang Epilepsi


Epilepsi atau ayan ialah sebuah masalah yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai penyebab dari sebagian kecil kasus epilepsi. hanya saja di sebagian besar perkara yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Anak


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berhubungan dengan memakai impuls listrik. Pada perkara ayan, kejang terjadi ketika dorongan listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga mendatangkan perilaku badan yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia kesehatan, seseorang dipercaya menderita epilepsi sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Stadium keseriusan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang cuma terjadi beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada separuh badannya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak pingsan.


Menurut statistik WHO, setidaknya 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik sekitar 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan perkara epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi naik sekitar 30-50 kejadian tiap 100 rb penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah perkara bisa naik sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta perkara epilepsi minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini akan naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat kurang lebih 40% sampai 50% kasus epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa awal diidap seseorang di usia berapa saja, meski kebanyakan keadaan ini terjadi sejak masih kecil. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Epilepsi Pada Anak

Epilepsi idiopatik atau dikenal juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Sebagian ahli berspekulasi bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa mengakibatkan epilepsi sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Karena itu, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, pantaulah setiap kegiatannya, karena epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Tentang Epilepsi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef