Definisi Seizure


Epilepsi atau ayan sama dengan suatu keadaan yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai penyebab pada sebagian kecil perkara ayan. Namun dari sebagian besar kasus yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi Adalah


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi waktu impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mengundang perilaku tubuh yang tidak teratur.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit epilepsi, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diyakini menderita ayan setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tahap kegawatan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar mengalami beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai menimbulkan tidak sadarkan diri.


Berdasarkan statistik WHO, sekurangnya 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan bertambah setidaknya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka peningkatan peristiwa ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus ayan meningkat setidaknya 30 sampai 50 kejadian tiap seratus ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah perkara bisa naik sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan data kasus epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat meningkat setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40-50 persen perkara epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat pertama diderita seseorang pada usia kapan saja, meski umumnya keadaan ini terjadi semenjak masih anak-anak. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Definisi Epilepsi Menurut Who

Epilepsi idiopatik atau dikenal juga sebagai ayan primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli menduga bahwa masalah ini disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan epilepsi simptomatik atau dinamakan juga ayan sekunder merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke dipercaya bisa mengakibatkan epilepsi sekunder.


Epilepsi merupakan penyakit yang cukup serius yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap kegiatannya, sebab ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

0 Response to "Definisi Seizure"

Posting Komentar

wdcfawqafwef